8 Akibat Adanya Batu Ginjal di Dalam Rongga Ginjal, Rusak Permanen!

30 Agustus 2022 15:45 WIB
Ilustrasi Akibat Adanya Batu Ginjal di Dalam Rongga Ginjal
Ilustrasi Akibat Adanya Batu Ginjal di Dalam Rongga Ginjal ( Freepik.com)

Sonora.ID - Ginjal menjadi salah satu organ vital di dalam tubuh manusia yang memegang peranan penting dalam menyeleksi kandungan yang masuk ke dalam tubuh dan membuang kandungan-kandungan sisa yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Bisa dibilang, ginjal adalah organ yang berperan untuk membersihkan tubuh dari racun, sehingga tubuh bisa beraktivitas dan organ lain bisa berfungsi dengan baik.

Apa jadinya jika ada batu ginjal di dalam rongga ginjal?

Dikutip dari NHS, batu ginjal atau nefrolitiasis adalah penyakit yang terjadi karena pembentukan materi keras menyerupai batu yang biasanya terjadi di ginjal dan saluran kencing yang menghubungkan ke kandung kemih.

Batu ginjal sendiri berukuran seperti butiran pasir yang bisa keluar dari urine, tetapi batu ginjal bisa berukuran lebih besar sehingga menghalangi aliran urine dan berujung pada infeksi hingga gagal ginjal.

Ada segudang akibat adanya batu ginjal di dalam rongga ginjal, bahkan bisa menyebabkan organ tersebut rusak permanen.

Berikut ini adalah 8 akibat adanya batu ginjal di dalam rongga ginjal.

  • Sepsis atau keracunan darah

Jika infeksi tidak segera diatasi, kuman biang penyakit bisa meracuni jaringan tubuh dan aliran darah, inilah yang menyebabkan sepsis atau keracunan darah. Kondisi ini bisa membuat nyawa melayang.

Baca Juga: Batu Ginjal Hancur Total dengan Rutin Konsumsi Ramuan Daun Pinggir Jalan Ini kata dr. Zaidul Akbar, Segera Coba setelah Tahu Manfaatnya Ya!

  • Penyumbatan pada saluran kemih atau obstruksi
  • Infeksi saluran kemih
  • Nefritis

Kondisi ini adalah akibat alergi racun kuman yang tidak bisa keluar dari ginjal, biasanya disebabkan oleh bakteri streptococcus. Menimbulkan uremia atau urine yang masuk ke dalam darah sehingga menyebabkan air terganggu dan tertimbun di kaki.

  • Hematuria

Kondisi ini terjadi karena peradangan organ urinaria dan karena iritasi akibat gesekan batu ginjal, biasanya ditandai dengan adanya sel darah merah di dalam urine.

  • Albuminuria

Penyakit ini ditunjukkan adanya molekul albumin dan protein lain dalam urine, disebabkan oleh kerusakan pada alat filtrasi.

  • Potensi kerusakan ginjal permanen
  • Pendarahan hebat selama operasi batu ginjal dilakukan

Baca Juga: Satu Keluarga Harus Tahu, Lakukan 5 Cara Cegah Batu Ginjal ini Sejak Dini, Masih Ingin Hidup Sehat di Masa Depan Kan?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm