4 Macam Motif Ekonomi dan Contohnya, Materi Pelajaran Ekonomi SMP Kelas 1

2 September 2022 13:05 WIB
4 Macam Motif Ekonomi dan Contohnya (ilustrasi)
4 Macam Motif Ekonomi dan Contohnya (ilustrasi) ( Kompas.com)



Sonora.ID - Inilah empat macam motif ekonomi dan contohnya yang merupakan salah satu materi mata pelajaran Ekonomi SMP Kelas 1.

Ekonomi merupakan salah satu ilmu yang mempelajari usaha manusia dalam memenuhi semua kebutuhannya yang tak terbatas dengan menggunakan alat pemenuhan kebutuhan berupa barang dan jasa yang jumlahnya terbatas untuk mencapai kemakmuran.

Segala kegiatan yang dilakukan manusia untuk bekerja dilandasi oleh suatu keinginna yang disebut motif.

Secara umum, motif yang dimiliki oleh semua orang adalah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan baik dalam rangka mencapai kesejahteraan dan kemakmuran sendiri maupun kemakmuran masyarakat.

Lantas bagaimana dengan motif ekonomi? Simak ulasannya dilansir dari Buku Pelajaran Ekonomi SMP Kelas I berikut ini.

Baca Juga: 4 Contoh Application Letter Bahasa Inggris Buat Fresh Graduate Hingga Berpengalaman

Pengertian Motif Ekonomi

Kata motif berasal dari bahasa Inggris, yaitu motive, yang diartikan sebagai alasan atau dorongan.

Setiap kegiatan yang dilakukan pasti memiliki keinginan atau alasan tertentu yang menjadi faktor pendorongnya.

Faktor pendorong tersebut akan membuat seseorang mempunyai kekuatan mental dan keteguhan jiwa untuk melaksanakan segala tindakan yang diperlukan.

Orang yang mempunyai motif (keinginan) kuat tidak akan cepat putus asa dalam melakukan tindakan ekonomi.

Faktor-faktor pendorong tindakan-tindakan ekonomi yang dilakukan manusia untuk memenuhi segala kebutuhannya disebut motif ekonomi.

Dengan demikian dapat disimpulkan jika motif ekonomi adalah faktor-faktor yang mendorong manusia dalam melakukan tindakan ekonomi.


4 Macam Motif Ekonomi dan Contohnya

Setiap orang memiliki motif yang berbeda-beda dalam melakukan tindakan ekonomi.

Jika dibagi, ada 4 macam motif ekonomi yang dapat dijelaskan dalam uraian sebagai berikut:

1.Motif memperoleh laba atau keuntungan
2.Motif menolong sesama manusia (sosial)
3.Motif memperoleh kekuasaan
4. Motif memperoleh penghargaan

Baca Juga: 5 Contoh Descriptive Text Bahasa Inggris Beserta Struktur dan Artinya

Berikut penjelasan dari 4 macam motif ekonomi beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari.


1.Motif memperoleh laba atau keuntungan

Seorang pedagang atau pengusaha melakukan kegiatan ekonomi dengan tujuan memperoleh laba atau keuntungan semaksimal mungkin.

Contohnya ketika pedagang pakaian menawarkan dagangan kepada calon pembeli dengan pelayanan yang baik, kualitas barang yang bagus serta menarik simpati agar calon pembeli tertarik dan mau membeli barang dagangannya. Apabila calon pembeli bersedia membeli, maka sebagian uang yang diterimanya adalah laba atau keuntungan. Dari laba ini akan digunakan pedagang untuk membeli stok pakaian kembali untuk dijual.

2.Motif menolong sesama manusia (sosial)

Motif ekonomi lainnya yaitu ingin menolong sesama manusia. Motif ini sangat mulia karena segala kegiatan ekonomi yang dilakukan tanpa pamrih.

Tindakan ekonomi yang dilakukan bertujuan untuk membantu sesama dan meringankan beban penderitaan sesama manusia.

Contohnya yaitu seorang pengusaha yang mengembangkan perusahaannya agar dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran. Dengan menyerap banyak tenaga kerja, maka orang yang sedang kekurangan dapat memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

3.Motif memperoleh penghargaan

Setiap orang pastinya ingin dihargai oleh orang lain. Manusia mau bekerja keras, tekun,dan pantang menyerah dalam setiap kegiatannya untuk mencapai kesuksesan.

Dengan kesuksesan ini manusia akan memperoleh penghargaan dari orang lain. Orang yang sukses akan merasa bangga apabila semua jerih payahnya yang menghasilkan kesuksesan tersebut dihargai oleh orang lain.

Contohnya seorang pengusaha yang akan mengembangkan kegiatan usahanya dan menyeranp tenaga kerja yang banyak. Dengan menyerap tenaga kerja yang banyak pengusaha akan mendapat penghargaan dari masyarakat sekitar atau bahkan pemerintah.


4.Motif memperoleh kekuasaan

Motif ekonomi selanjutnya yaitu memperoleh kekuasaan.

Motif ini dilakukan oleh para pengusaha yang ingin lebih mengembangkan usahanya dengan membuka cabang di banyak tempat. Terkadang motif ini sulit dibedakan dengan motif ekonomi untuk memperoleh penghargaan. Karena sangat mungkin sekali orang melakukan suatu hal yang sama tetapi tujuannya berbeda.

Contohnya seorang pengusaha ingin membiayai perbaikan jalan. Motif ekonomi ini bisa saja ditujukan untuk mendapat kekuasaan misalnya agar terpilih menjadi bupati atau wali kota namun juga bisa bermotif mendapatkan pujian dari warga.

Demikian 4 motif ekonomi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Selamat memahami materinya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.