Luar Biasa! Ini Kisah Hardyanto, Bekas Pemulung yang Kini Punya Usaha Modifikasi Mobil Mewah!

21 September 2022 18:30 WIB
Hardyanto, bekas pemulung yang kini punya usaha variasi dan modifikasi mobil mewah.
Hardyanto, bekas pemulung yang kini punya usaha variasi dan modifikasi mobil mewah. ( Dok PPPA Daarul Quran)

Sonora.ID - Berikut adalah kisah Hardyanto, seorang bekas pemulung yang kini telah mencapai kesuksesan dengan membangun bisnis variasi dan modifikasi mobil mewah.

Ketika seseorang telah sukses mencapai kemapanan ekonomi lewat kerja keras dan ketangguhan hidup, masa lalu memanglah seperti dongeng petualangan yang tak ada bosan-bosannya untuk dikenang.

Adalah Hardyanto yang, terang saja, menjalani hidup demikian. Di umurnya yang memasuki 28 tahun saat ini, ia telah banyak mengenyam asam garam kehidupan. Masa lalunya memang getir, tapi, sekali lagi, itu telah menjadi kenangan yang membuat Hardyanto tak ingin menyambanginya kembali.

Sejak umur 16 tahun, Hardyanto telah terlatih menghadapi hidup yang serba keras. Berangkat dari kampungnya di Blora, Jawa Tengah, Hardyanto remaja memberanikan diri untuk mengadu nasib di belantara Jakarta bermodal Rp 60 ribu, pada tahun 2007 silam. Bersama salah seorang temannya, ia naik truk untuk sampai di Ibukota.

Bagi seorang putus sekolah yang nekat merantau ke sebuah kota besar, jargon ‘Jakarta tak menjanjikan segalanya’ benar-benar dihadapi oleh Hardyanto. Bahkan, di sana, hidup Hardyanto makin morat-marit.

Di Jakarta, Hardyanto justru menghadapi kesulitan yang jauh lebih besar ketimbaang saat berada di kampung halaman. Ia tidur di jalanan, bertahan hidup dengan menyewa gerobak, hingga menjadi pemulung barang-barang bekas untuk mendapatkan sesuap nasi.

Titik balik kehidupan Hardyanto justru terjadi ketika pada suatu hari, ia belajar untuk membagikan sebagian rezekinya kepada orang lain, mulai dari Rp 1000. Ia merasakan, saat itu hidupnya amat sulit, bahkan hanya untuk bersedekah.

Namun, karena terus bekerja keras di samping menempa diri untuk ikhlas dalam urusan itu, hidup Hardyanto kian membaik dari hari ke hari. Dari kebiasaannya yang rajin bersedekah, ia kini mendapati hidup berkah dan berhasil mendirikan ‘Towing Mobil’, sebuah bengkel modifikasi yang khusus menerima pasien mobil mewah.

Sejumlah artis seperti Raffi Ahmad, Entis Sutisna atau Sule, hingga Atta Halilintar bahkan pernah mempercayakan modifikasi mobilnya kepada Hardyanto.

Baca Juga: Pernah Jadi OB, Ini Kisah Sukses Tommy Wattimena hingga Menjadi Seorang CEO!

Kini, setelah melewati segala kesulitan hidup dan mendapatkan bayarannya, Hardyanto rutin bersedekah dengan menyisihkan sebagian uangnya untuk panti asuhan, membangun musola, hingga masjid. Ia bahkan punya data khusus mengenai masyarakat yang membutuhkan uluran tangannya.

Demikian kisah sukses Hardyanto, seorang bekas pemulung yang sukses menjadi pemilik bisnis variasi dan modifikasi mobil mewah.

Baca Juga: 8 Seleb Ini Pernah Dipecat Sebelum Mereka Menjadi Orang Sukses

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm