4 Contoh Explanation Text tentang Budaya serta Struktur dan Artinya

9 Maret 2023 17:30 WIB
Contoh explanation text tentang budaya.
Contoh explanation text tentang budaya. ( Freepik)

Sonora.ID - Apa yang dimaksud dengan teks explanation itu? Mengutip dari buku Trik Cerdas Bank Soal Bahasa SMA, explanation text adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya yang biasanya berasal dari pertanyaan penulis terkait kenapa dan bagaimana terhadap suatu fenomena.

Seperti halnya jenis teks lainnya, explanation text juga memiliki tujuan yang khusus yakni untuk menerangkan proses-proses yang terjadi dalam pembentukan atau kegiatan yang terkait dengan fenomena yang dijelaskan.

Struktur Explanation Text

Selain itu, teks ini juga mengandung struktur atau generic structure yang membangunnya di antaranya adalah sebagai berikut.

  • General statement (bagian yang berisi penjelasan umum atau pengenalan fenomena yang akan dijelaskan).
  • Sequenced of explanation (bagian penjelasan mengenai mengapa fenomena tersebut bisa terjadi).
  • Closing (berisi tentang langkah akhir yang dijelaskan pada bagian sebelumnya).

Setelah memahami hakikat dari explanation text, kamu pun dapat menyimak kumpulan contoh explanation text tentang budaya atau culture di bawah ini, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Contoh Report Text tentang Kucing beserta Struktur dan Artinya

Contoh Explanation Text tentang Budaya

Contoh 1

Padusan

General statement

The physical preparations made by Muslims to enter the month of Ramadan have been carried out for a long time to get a fit body. In addition, there is inner preparation with the aim of purifying oneself so that the practice is maximized.

Sequenced of explanation

Various regions in Indonesia have traditions to welcome Ramadan, such as “padusan” which is practiced by the people of Central Java and Yogyakarta. Padusan comes from the word adus which means to bathe. The purpose of doing padusan is to welcome the month of Ramadan with a pure self and a clean body and soul. Padusan is an ancestral heritage that has been passed down from generation to generation. Padusan is done by bathing or bathing in wells or springs. Padusan philosophy is a medium for self-introspection on mistakes that have been made in the past. Padusan activities are very unique and even able to attract the interest of the public and domestic and foreign tourists.

Closing

Padusan should be carried out in a quiet atmosphere to raise self-awareness so that you become a better person than before.

Terjemahan:

Persiapan fisik yang dilakukan umat muslim memasuki bulan Ramadhan dilakukan sejak lama untuk mendapatkan tubuh yang bugar . Selain itu, ada persiapan batin dengan tujuan menyucikan diri agar amalan yang dilakukan semakin maksimal.

Berbagai daerah di Indonesia mempunyai tradisi untuk menyambut datangnya bulan Ramadan, seperti “padusan” yang dilakukan oleh masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta. Padusan berasal dari kata adus yang artinya mandi. Tujuan dilakukannya padusan adalah untuk menyambut bulan Ramadhan dengan diri yang suci dan jiwa dan raga yang bersih. Padusan adalah warisan leluhur yang dilakukan secara turun temurun. Untuk melakukan padusan, seseorang berendam atau mandi di sumur-sumur atau sumber mata air. Filosofi padusan sebenarnya adalah media untuk introspeksi diri atas kesalahan yang pernah dilakukan pada masa lalu. Kegiatan padusan sangat unik bahkan mampu menarik minat masyarakat dan wisatawan domestik hingga mancanegara.

Padusan sebaiknya dilaksanakan dalam suasana yang sepi untuk memunculkan kesadaran diri agar menjadi pribadi yang lebih baik daripada sebelumnya.

Contoh 2

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm