Ini Komentar Ketua ASPPEK terkait Pempek Makanan Terenak Dunia

18 Maret 2023 16:35 WIB
Pempek jadi makanan terenak di dunia
Pempek jadi makanan terenak di dunia ( )

Palembang, Sonora.ID - Pempek makanan khas Palembang, dinobatkan sebagai salah satu makanan seafood terenak di dunia versi TasteAtlas pada Maret 2023.

Pempek berada di urutan keempat dari total 50 daftar yang dirilis TasteAtlas.

Pempek merupakan satu-satunya makanan Asia Tenggara yang masuk dalam daftar lima makanan seafood terenak.

Mengomentari hal tersebut, Ketua ASPPEK (Asosiasi Pengusaha Pempek Palembang) Yenny Anggraini kepada Sonora FM Palembang (17/03/2023) mengatakan bahwa hasil tersebut berkat perjuangan bersama seluruh masyarakat sumsel tidak hanya pelaku usaha saja tapi seluruh lapisan masyarakat.

“Alhamdulillah, ini kabar baik menggembirakan. Selama ini digaungkan pempek mendunia bukan hanya isapan jempol belaka, terbukti pempek rangking teratas. Pempek mendunia ini berproses diperjuangkan bersama bukan hanya tanggung jawab pelaku usaha saja tapi tanggung jawab bersama mengangkat kearifan lokal,” ujarnya.

Baca Juga: Berikut Ini Resep Membuat Pempek dari UMKM Izzu Pempek

Ia mengakui untuk skala ekspor pengiriman pempek keluar negeri masih terbatas sebagai oleh-oleh saja, serta pengirimannya pun masih dalam  skala kecil lewat ekspedisi.

Hal ini karena pempek belum mampu bertahan lama berada disuhu ruang sementara pengiriman ke luar negeri memakan waktu yang cukup lama.

“Ini PR kita bersama bagaimana agar pempek bisa bertahan lama disuhu ruang. Pempek adalah makanan tradisional semua orang suka pempek, sekali orang makan pempek pasti mau lagi,” ujarnya.

Ia mengutip pernyataan dari almarhum Prof. Rindit Dosen Unsri bahwa ada 5 kriteria pempek wajib mendunia.

Pertama karena pempek adalah kearifan local yang sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda. Kedua bagi yang tidak suka makan ikan kalau makan pempek otomatis suka ikan. Ketiga pempek mudah dipasarkan. Keempat pempek merupakan makanan tradisional yang bergizi tinggi dan bermanfaat bagi kecerdasan anak. Kelima pempek bergizi tinggi untuk kesehatan, cukanya bisa menambah nafsu makan.

Pempek merupakan kearifan local yang wajib dipromosikan dan dijadikan makanan universal bukan hanya orang Palembang saja tapi bisa diterima oleh semua masyarakat.

"Ini berproses, ASPPEk ekspo keluar kota Palembang mempromosikan pempek bahkan ke Malaysia. Upaya-upaya tersebut agar pempek bisa diterima semua masyarakat bahkan keluar negeri. Ayo kita berjuang sama-sama mengangkat kearifan local pempek, membawa nama baik Palembang dan sumsel. Pempek adalah makanan tradisional meskipun dikemas seperti apapun  tidak meninggalkan keaslian bahwan dasar pempek,” tutupnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm