PDHI Cabang Sulselbar Gelar sosialisasi Manajemen Shelter Hewan

19 Maret 2023 17:28 WIB
Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Sulselbar, Universitas Hasanuddin, dan beberapa komunitas di Makassar menyelenggarakan sosialisasi manajemen shelter hewan, minggu 19 maret 2023.
Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Sulselbar, Universitas Hasanuddin, dan beberapa komunitas di Makassar menyelenggarakan sosialisasi manajemen shelter hewan, minggu 19 maret 2023. ( smartfm makassar)

Sonora.ID Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Sulselbar, Universitas Hasanuddin, dan beberapa komunitas di Makassar menyelenggarakan sosialisasi manajemen shelter hewan, minggu 19 maret 2023.

Salah satu pemateri drh. Mariana Ferdinandez, M.Si sebagai perwakilan Jakarta Animal Aid Network (JAAN) dalam penyampainnya memaparkan menyampaikan pentingnya penerapan standar SOP di dalam shelter dan bagaimana manajemen shelter yang baik.

Selain itu bagaimana cara mengidentifikasi hewan shelter, yaitu dengan pemberian tattoo, pemasangan microchip, hingga yang sederhana seperti pembuatan rekam medik dan kartu kontrol.


drh. Mariana Ferdinandez, M.Si juga menyampaikan sejarah kemunculan shelter di Indonesia, hingga sharing aktivitas sehari- hari di JAAN.

drh Mariana atau drh. Merry tak lupa pula menunjukkan contoh kartu kontrol yang dimiliki oleh JAAN ke sahabat komunitas Makassar.

Anne Dowydowa, DVM sebagai perwakilan dari Four Paws International, dan Loes Schure, DVM, MVSc sebagai perwakilan dari Vets4Welfare Foundation.

Sosialisasi manajemen shelter hewan ini dilakukan di Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) Universitas Hasanuddin yang secara resmi dibuka oleb Ketua PDHI Cabang Sulselbar yaitu drh. Aminuddin Zainuddin, MM.

Sementara itu Anne Dawydowa, DVM dari Four Paws International memperlihatkan beberapa SOP ketika shelter hewan akan mencari adopter bagi hewannya. Mencari adopter tidak hanya langsung memindah tangankan hewan, namun wajib melalui proses yang lama dan detail. “Mungkin memang terlihat strict, tapi kita memang harus begitu”, kutipan dari drh. Anne (19/3/23).

Salah satu peserta mempertanyakan mengenai regulasi kekerasan pada hewan, dan bagaimana cara menyikapinya. Pertanyaan ini dijawab oleh drh. Loes yang sangat menekankan bahwa tindakan peneguran maupun pelaporan tidak boleh dengan enteng dilakukan tanpa persiapan yang matang. Segala hal perlu didokumentasikan agar tidak ada celah untuk mereka mengelak.

Di akhir acara, PDHI Cab. Sulselbar bersama dengan Doc Pet Clinic memberikan bantuan pakan bagi seluruh komunitas yang telah menyempatkan diri untuk hadir di acara tersebut. Bantuan ini diberikan melalui drh. Aminuddin Zainuddin, MM ke beberapa komunitas yaitu Dog Lovers of Makassar, Sahabat Satwa Makassar, Rumah Kucing Zorro, House of Rainbow, dan Pecinta Kucing.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm