Diskop UKM Dorong Seluruh Pelaku UMKM Miliki NIB

27 Mei 2023 16:05 WIB
Diskop UKM saat memberikan layanan pendampingan pengurusan NIB di perayaan HUT Kearsipan dan Perpustakaan Nasional.
Diskop UKM saat memberikan layanan pendampingan pengurusan NIB di perayaan HUT Kearsipan dan Perpustakaan Nasional. ( )

Tenggarong, Sonora.ID – Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus mendorong para penggiat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

Kepala Diskop UKM Kukar, H Tajuddin mengatakan NIB adalah identitas yang wajib dimiliki oleh para pelaku usaha.

Adanya NIB memungkinkan perizinan usaha menjadi lebih mudah dan aman. Disetiap waktu dan kesempatan memanfaatkan moment tertentu, Diskop UKM Kukar selalu membuka layanan pendampingan kepada masyarakat untuk pengurusan pendaftaran agar memperoleh NIB.

Seperti yang dilakukan Diskop UKM pada perayaan peringatan Hari Ulang Tahun Kearsipan dan Perpustakaan Nasional yang digagas Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kukar, Sabtu (21/5) di Taman Pintar, Tenggarong.

“Kami melaksanakan anjuran untuk penyerahan arsip baik statis maupun dinamis, nah di moment itukan untuk berkolaborasi kami memberikan pelayanan NIB bagi pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Tenggarong,” kata Tajuddin kemarin.

Baca Juga: Di Provinsi Aceh, Menteri Koperasi & UKM Bersama Pertamina Wujudkan Program Solusi BBM Nelayan

Atas suksesnya pelaksanan perayaan Hari Ulang Tahun Kearsipan dan Perpustakaan Nasional ini, Tajuddin memberikan apresiasinya karena mampu yang berkolaborasi tidak hanya dengan Diskop UKM saja tapi juga bisa berkolaborasi dengan Disdikbud, Dispar dan DLHK Kukar.

“Khusus untuk Diskop mengadakan layanan memanfaatkan moment untuk melayani kepada masyarakat, artinya setelah kami cermati banyak masih masyarakat yang belum memiliki legalitas usaha yaitu NIB, nah ini kami berikan layanan secara langsung ke masyarakat di setiap moment-moment seperti kemarin hari ulang tahun kelurahan Maluhu kita laksanakan juga layanan di lokasi-lokasi,” ungkapnya.

Layanan pendampingan NIB ini dilakukan Diskop UKM mendekatkan layanan kepada masyarakat termasuk juga bekerjasama dengan Dinas Pariwisata memberikan layanan pendampingan NIB di obyek wisata.

“Begitu juga kedepan ada desa dan kecamatan lain ketika pas ada moment maka kita lakukan pendampingan untuk layanan pembuatan NIB itu, pentingnya warga memiliki NIB itu ya untuk peningkatan usahanya sehingga memiliki daya saing,” tegas Tajuddin.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.