Pemprov Sulsel Usulkan Pengembangan Bandara dan Pelabuhan Logistik di Bone

9 Oktober 2023 12:30 WIB
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin meninjau pelabuhan di Bone
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin meninjau pelabuhan di Bone ( Dok Humas Pemprov Sulsel)

Makassar, Sonora.ID - Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, mengusulkan perpanjangan landasan Bandara Watampone dan pengembangan  Pelabuhan Pattiro menjadi pelabuhan logistik di Kabupaten Bone. 

Kedua infrastruktur tersebut dinilai penting untuk membuka isolasi Pantai Timur Sulsel. Sekaligus mengatasi ketimpangan pembangunan Pantai Timur (Teluk Bone) dibandingkan Pantai Barat Sulsel (Selat Makassar), yang telah berlangsung puluhan tahun tanpa ada upaya progresif untuk melakukan perubahan signifikan. 

"Akibatnya, biaya logistik dari wilayah Pantai Timur Sulsel sangat mahal karena truk-truk harus menapaki gunung-gunung terjal. Dan tidak akan mungkin dilalui kontainer karena butuh investasi jalan yang terlalu besar," ungkap Bahtiar dalam keterangannya, baru-baru ini.

Baca Juga: Kabar Baik! RS Regional Bone Layani Pasien JKN-KIS

Padahal, kata Bahtiar, potensi alam dan laut di Teluk Bone ibarat raksasa ekonomi yang tidur pulas puluhan tahun. Tak ada satupun pelabuhan logistik yang besar di sepanjang Teluk Bone. Hal itu berdampak terhadap daya saing produk yang berasal dari wilayah tersebut.

"Barang-barang produksi dan hasil bumi dari Pantai Timur Sulsel dibawa ke Pantai Barat Sulsel (Selat Makassar) menjadi tidak kompetitif. Kalah bersaing dengan produk dan hasil bumi yang sama dari wilayah Pantai Barat Sulsel," jelasnya.

Dampak lainnya, lanjut Bahtiar, jalan-jalan cepat rusak. Inflasi akibat tranportasi pun menjadi sangat tinggi, rata-rata di atas 16 persen, bahkan lebih 20 persen.

Ketimpangan yang dibiarkan puluhan tahun ini juga mengakibatkan kemiskinan bertambah, stunting, dan gizi buruk meningkat.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulsel Teken NPHD Rp224 Miliar, Pilgub 2024 Siap Digelar

Olehnya itu, Pemprov Sulsel dan Pemkab Bone mendukung sepenuhnya jika Menteri Perhubungan melaksanakan perpanjangan Bandara Watampone minimal 2.500 meter, dan mengembangkan Pelabuhan Pattiro menjadi pelabuhan logistik pertama di wilayah Pantai Timur Sulsel.

Menurut Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini, jika hal itu terwujudkan pada tahun 2024 mendatang, ekonomi wilayah Teluk Bone akan meningkat tajam yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi Sulsel, dan nasional. 

"Sejatinya, pembangunan kawasan ekonomi Teluk Bone yang dimulai dengan pengembangan bandara dan pelabuhan ini  adalah bentuk revolusi mental dan perubahan pola pikir, juga paradigma pembangunan wilayah Teluk Bone sebagai  Kawasan Ekonomi Baru dan masa depan Indonesia," pungkasnya. 

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm