Melalui Kegiatan Ya’ahowu Digifest 2023, KPwBI SIBOLGA Mendapatkan Atensi Masyarkat Tentang Pentingnya Digitalisasi di Kepulauan Nias

19 Oktober 2023 11:46 WIB
Melalui Kegiatan Ya’ahowu Digifest 2023, KPwBI SIBOLGA Mendapatkan Atensi Masyarkat Tentang Pentingnya Digitalisasi di Kepulauan Nias
Melalui Kegiatan Ya’ahowu Digifest 2023, KPwBI SIBOLGA Mendapatkan Atensi Masyarkat Tentang Pentingnya Digitalisasi di Kepulauan Nias ( Humas BI Sumut)

Medan, Sonora.ID -  Pada Jumat, 13 Oktober 2023, dengan berbagai capaian positif. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga bersama Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli menutup rangkaian Kegiatan Ya’ahowu Digifest 2023 di Taman Ya’ahowu Kota Gunungsitoli.

Adapun Kegiatan yang meliputi 3 agenda utama yaitu Ya’ahowu EduFair, Ya’ahowu Forum dan Ya’ahowu Culture & Entertainment ini berhasil mendapatkan atensi masyarkat di Kepulauan Nias tentang pentingnya digitalisasi dalam mendongkrak ekonomi Kepulauan Nias.

Ya’ahowu Digifest 2023 merupakan kegiatan buah kolaborasi bersama antara BI dan seluruh pemerintah daerah di Kepulauan Nias dibawah naungan TP2DD atau Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah yang memiliki 3 (tiga) tujuan utama yaitu (i) akselerasi implementasi sistem pembayaran non tunai, (ii) percepatan dan perluasan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) serta (iii) inisiasi implementasi Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD). 

Ya’ahowu Digifest 2023 dilakukan selama 2 (dua) hari yaitu 12 & 13 Oktober 2023 di Taman Ya’ahowu Kota Gunungsitoli. 

Sejak dibuka tanggal 12 Oktober 2023 oleh Kepala BI Sibolga, Asisten Ekonomi Pembangunan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Utara dan seluruh kepala daerah di Kepulauan Nias antara lain Bupati Nias, Bupati Nias Selatan, Wakil Walikota Gunungsitoli & Wakil Bupati Nias Utara, terlihat animo masyarakat Kepulauan Nias pada kegiatan tersebut sangat baik.

Selama 2 hari rangkaian kegiatan Ya’ahowu sejak pagi hingga malam, jumlah pengunjung tercatat lebih dari 10.000 orang dengan total traksaksi umkm bekisar 250 juta Rupiah.

Selain itu kegiatan ini juga berhasil mendongkrak sektor pariwisata di Kepulauan Nias khususnya Kota Gunungsitoli.

Multiplier effect rangkaian kegiatan ini terlihat dari Occupancy Rate hotel yang tinggi serta dorongan penjualan makan dan minum disekitar lokasi yang meningkat.

Beberapa capaian-capain dalam rangkaian kegiatan ini diantaranya:

Baca Juga: Pemerintah Apresiasi Kerja PLN Layani Listrik MotoGP Mandalika 2023 

  1. Komitmen bersama seluruh kepala daerah se-Kepulauan Nias terkait peningkatan Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).
    Komitmen ini meliputi upaya bersama merubah pembayaran pajak, retribusi serta belanja pemerintah dari sebelumnya tunai menjadi non-tunai.
    Komitmen ini merupakan pertama kali dilakukan dan sekaligus menandai terciptanya sinergi lintas pemerintah daerah di Kepulauan Nias dalam memajukan wilayahnya melalui digitalisasi.
  2. Peresmian Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) untuk Pemerintah Kota Gunungsitoli dan Kab. Nias Selatan.
    Penerbitan ini buah kerjasama antara pemerintah daerah dengan bank Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) BRI dan Bank Sumut.
    KKPD merupakan Kartu Kredit yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas belanja APBD.
    Melalui implementasi KKPD, belanja pemerintah daerah akan semakin mudah. Implementasi KKPD ini sekaligus dapat membantu umkm daerah dalam menerima pembayaran yang lebih cepat.
  3. Peningkatan plafon Kas Titipan Bank Indonesia di BNI Kota Gunungsitoli dari sebelumnya Rp 150 Milyar menjadi Rp 250 Milyar.
    Peningkatan ini merupakan upaya peningkatan layanan BI sehingga uang layak edar dapat lebih cepat didistribusikan di wilayah Kepulauan Nias.
    Hal ini sekaligus menjadi indikator telah terjadinya peningkatan ekonomi yang konsisten terjadi di wilayah Nias selama ini.
  4. Peresmian QRIS di beberapa layanan pemerintah daerah maupun objek wisata di Kepulauan Nias. QRIS di Kota Gunungsitoli meliputi layanan retribusi parkir, Rumah Potong Hewan (RPH) dan objek wisata museum Pusaka Nias.
    Di Kabupaten Nias Utara, peresmian QRIS dilakukan pada layanan retribusi parkir, PBB dan retribusi pasar.
    Sementara di Kabupaten Nias Selatan dilakukan untuk layanan BPHTB dan PBB. QRIS ini akan menjadi alternatif pembayaran masyarakat dalam menggunakan layanan di masing-masing lokasi tersebut.
  5. Edukasi QRIS melalui Live Experience belanja 780 rupiah untuk menikmati secangkir kopi. Untuk mendorong masyarakat dalam menggunakan QRIS, dilakukan kerjasama dengan Museum Pusaka Nias untuk merasakan nikmatnya kopi cukup dengan membayar 780 rupiah melalui QRIS.
    Sejalan dengan itu, kegiatan edukasi dan sosialisasi QRIS juga terus dilakukan menyasar pada anak-anak muda di wilayah Kepulauan Nias.
  6. Penyelenggaraan Gerakan Pangan Murah (GPM) dimana 15 Ton Beras dan 1 ton aneka sayur habis terjual selama 2 hari.
    Melihat perkembangan harga komoditas pangan khususnya Beras yang tinggi di Kota Gunungsitoli, Bank Indonesia Sibolga bersama Dinas Pertanian Kota Gunungsitoli dan Kantor Perum Bulog KCP Gunungsitoli menyelenggaran GPM yang menjual beberapa komoditas pangan seperti beras, gula, cabai merah, cabai rawit dan aneka sayur lainnya.
    Animo masyarakat sangat tinggi dalam kegiatan GPM ini terlihat dari tingginya jumlah pembeli khususnya dalam membeli beras dengan harga yang murah. Tidak lupa pembayaran GPM ini juga dapat dilakukan melalui QRIS.
  7. Kegiatan Kas Keliling penukaran uang kecil dan uang lusuh didukung dengan edukasi Cinta, Bangga dan Paham Rupiah (CBPR) kepda masyarakat agar lebih memahapi pentingnya menjaga Rupiah.
  8. Promosi culture & entertainment mengangkat budaya Kepulauan Nias. Rangkaian promosi culture & entertainment dilakukan melalui berbagai kegiatan diantaranya lomba mewarnai, lomba fashion show, lomba paduan suara, showcase uang Rupiah oleh Museum Bank Indonesia (MuBI), pameran buku dan budaya masyarakat Nias oleh Museum Pusaka Nias, live experience gigitalisasi melalui virtual reality kerjasama dengan Telkom Group, serta promosi perdagangan melalui pameran dari 40 UMKM lokal ungggulan Kepulauan Nias. Serta tidak lupa hiburan musik baik dari sederet artis lokal maupun artis nasional.

Dalam sambutan penutupnya Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sibolga Yuliansah Andrias menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pemerintah daerah se-Kepulauan Nias berkat dukungan yang diberikan selama kegiatan.

Di momen tersebut Yuliansah juga mengajak kepada pemerintah daerah untuk terus mendorong peningkatan digitalisasi di wilayahnya melalui program-program ETPD. 

Sementara itu, Para perbankan juga diharapkan terus bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam mensukseskan digitalisasi Kepulauan Nias yang lebih cepat.

Serta para pelaku usaha di Kepulauan Nias juga dihimbau untuk bersama mengalihkan transaksi dari sebelumnya hanya tunai menjadi tunai dan non tunai.

Tidak lupa BI juga mengajak masyarakat untuk terus menggunakan pembayaran non tunai dalam segala transaksi karena muara dari digitalisasi ini adalah peran masyarakat itu sendiri.

Disampaikan bahwa kegiatan Ya’ahowu Digifest 2023 ini merupkan awal mula dari milestone perjalanan dalam mewujudkan Kepulauan Nias melompat lebih tinggi melalui digitalisasi pembayaran.

Pemerintah Kota Gunungsitoli yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Oimonaha Waruwu menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada BI Sibolga atas peran dan dukungannya dalam membantu digitalisasi di wilayah Kepulauan Nias khususnya Kota Gunungsitoli.

Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan efek yang besar terhadap kesejahteraan masyarakat secara luas.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: 254 Relawan Pajak Diapresiasi Kanwil DJP Sumut I pada Penutupan Program Relawan Pajak Tahun 2023 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm