Ribuan Disabilitas di Jakarta Peringati Hari Disabilitas Internasional 2023

13 Desember 2023 22:16 WIB
( )

Jakarta, Sonora.ID -  Perayaan puncak Hari Disabilitas Internasional (HDI) tingkat Provinsi DKI Jakarta, yang diselenggarakan di Dunia Fantasi, Ancol, Jakarta.
 
Acara HDI 2023 ini bertemakan “Bersatu Dalam Aksi Mencapai SDGs (Sustainable Development Goals), untuk, dengan, oleh Penyandang Disabilitas”, diinisiasi oleh Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta serta diikuti oleh 1.500 penyandang disabilitas dan pendamping.
 
Dalam peringatan kali ini, dukungan pemberdayaan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) milik penyandang disabilitas juga diberikan.
 
Salahsatunya, dengan memberikan bantuan penambahan modal untuk pengembangan usaha.
 
Direktur Teknologi dan Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono menyatakan inisiatif ini adalah bentuk kepedulian dan komitmen perbankan dalam membangun masyarakat yang inklusif. 
 
"Kami percaya bahwa setiap individu, termasuk penyandang disabilitas, memiliki potensi dan hak untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi dan sosial. Oleh karena itu, kami berupaya untuk memberikan dukungan nyata agar mereka dapat meraih potensi maksimalnya," ujar Amirul.
 
Program bantuan usaha untuk UMKM Disabilitas yang digulirkan bertujuan untuk memberikan peluang yang lebih luas bagi pelaku usaha dengan disabilitas untuk dapat berkembang dan bersaing di pasar.
 
Perbankan akan menyediakan berbagai fasilitas, termasuk akses permodalan yang lebih mudah dan dukungan konsultasi bisnis, untuk membantu UMKM Disabilitas dalam mengoptimalkan potensinya.
 
Acara juga dihadiri oleh Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama sejumlah pejabat terkait, Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Premi Lestari, serta sebanyak 1.500 penyandang disabilitas dan pendamping yang ada di panti disabilitas milik Pemerintah maupun Swasta, Organisasi Sosial dan Lembaga Kesejahteraan Sosial penyandang disabilitas di Provinsi DKI Jakarta.
 

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penyaluran bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) senilai Rp100.000.000,- (seratus juta rupiah) berupa alat, meliputi kursi roda elektrik, tongkat netra, alat bantu dengar, kruk, hingga teleskop monocular, bagi penyandang disabilitas di Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Yayasan Berdaya Menembus Batas pada Senin(11/12).
 
Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi berharap ragam dukungan terhadap penyandang disabilitas dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kehidupan penyandang disabilitas di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta.
 
Arie juga mengajak serta masyarakat, pelaku bisnis, dan pihak terkait lainnya untuk bersama-sama mendukung upaya penciptaan masyarakat yang adil, setara, dan inklusif.
 
"Melalui langkah-langkah ini, kami berharap dapat membuka peluang baru, meningkatkan kualitas hidup, dan mengurangi disparitas yang masih ada dalam akses dan dukungan bagi penyandang disabilitas. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak guna menciptakan lingkungan yang inklusif bagi semua," tutup Arie.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm