Rene Reinaldy Resmi Menjabat Sebagai Pj. Sekda Kabupaten Kayong Utara

31 Desember 2023 16:57 WIB
( Prokopim KKU)

SUKADANA, Sonora.id - Bupati Romi Wijaya secara resmi melantik Rene Reinaldy sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah yang digelar pada jumat (29/12/2023).

Pelantikan ini dihadiri oleh Unsur Forkopimda Kab Kayong Utara, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Kayong Utara, Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Kayong Utara, serta tamu undangan lainnya, menjadi momen bersejarah bagi pemkab Kayong Utara.

Dilantiknya Rene Reinaldy sebagai Pj Sekda KKU menandai langkah baru berjalannya roda pemerintahan di Kabupaten Kayong Utara.

Pelantikan ini juga sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 91 Tahun 2019 yang memberikan kewenangan kepada Gubernur untuk menunjuk Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota.

Baca Juga: Yon Zipur 6/SD Bersama Masyarakat Laksanakan Pembangunan Jalan Poros Simpang Dua-Teluk Melano Kayong Utara

Pada sambutannya, Pj Bupati Romi Wijaya menjelaskan bahwa proses pelantikan tersebut merupakan kelanjutan dari usulan internal Pemkab Kayong Utara. "Untuk usulan yang pertama memang dari kita, 3 bulan pertama sudah dilantik pak Erwin maka setelah 3 bulan regulasinya mengamanahkan itu dari Provinsi," jelas Romi Wijaya.

Romi juga menyampaikan pesan-pesan penting terkait tugas-tugas yang akan diemban oleh Rene Reinaldy. Dalam sambutannya, Pj Bupati menyoroti hari ini Jumat tanggal 29 Desember sebagai hari terakhir masuk kerja ditahun 2023, memberikan peringatan akan pentingnya persiapan dan pertanggungjawaban yang matang dalam proses APBD 2023 (penyusunan laporan keuangan).

"Saya berharap prestasi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan kualitasnya. Kita juga harus siap mengencangkan ikat pinggang menghadapi kondisi anggaran tahun 2024 yang mungkin lebih ketat," tambah Romi.

Dalam konteks pengelolaan anggaran, Romi menyoroti keterlambatan dalam menyesuaikan dengan target kementerian, menggarisbawahi perlunya percepatan penyerapan anggaran di tahun 2024 untuk mendukung perekonomian daerah. Lebih lanjut Romi berbicara tentang kesiapan menghadapi potensi rasionalisasi kembali di Januari untuk menghindari defisit APBD yang dapat mengganggu stabilitas keuangan daerah.

Baca Juga: Enam Raperda Disetujui DPRD Kayong Utara

"Saya berharap pentingnya mempercepat penyerapan anggaran pada tahun 2024 untuk menghindari ketidakidealannya. Romi "menekankan bahwa dana APBD yang merupakan belanja pemerintah harus dapat mendongkrak aktifitas ekonomi di masyarakat yang pada gilirannya memiliki dampak signifikan terhadap perekonomian daerah, sehingga perlu upaya optimalisasi dalam percepatan serapan anggaran.

Melalui pelantikan ini, Pemerintah Kabupaten Kayong Utara memberikan sinyal kuat bahwa mereka tidak hanya fokus pada kontinuitas administratif, tetapi juga menanggapi dinamika ekonomi dan keuangan daerah. Di tengah tantangan dan potensi perubahan, kehadiran Rene Reinaldy sebagai Penjabat Sekretaris Daerah diharapkan dapat menambah semangat fan motivasi yang positif dalam menjalankan tugas pemerintahan.

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm