Sedikit Pengalaman Jatuh Bangun Seorang Seiko Manito Membangun Bisnis Start Up Hingga Melantai di BEI

19 Januari 2024 14:35 WIB
Seiko Manito, Direktur Utama PT Topindo Solusi Komunika Tbk.
Seiko Manito, Direktur Utama PT Topindo Solusi Komunika Tbk. ( William)

Pontianak, Sonora.ID – Seorang Pemuda asal Kalimantan Barat tepatnya dari Kota Singkawang bernama Seiko Manito berhasil mencetak satu Perusahaan start up yang terfokus pada UMKM yaitu PT Topindo Solusi Komunika Tbk (TOSK) yang akhirnya bisa melantai di Bursa Efek Indonesia.

Ini sungguh kabar yang sangat membanggakan ada Perusahaan lokal yang berhasil menunjukkan kemampuannya dalam persaingannya di Pasar Bursa.

“Menarik, teman–teman boleh search di Google banyak perusahaan–perusahaan start up kolaps. Justru dari kota Singkawang ada start up yang malah Go Public, artinya tumbuh," terang Kepala Bursa Efek Indonesia Cabang Pontianak, Taufan Febiola (BEI), Senin (15/1/2024).

Sementara itu Seiko Manito menceritakan pengalamannya saat jatuh bangun belajar membangun usaha dari mulai bercerita dirinya pernah membuka usaha penjualan pulsa, karena dirinya yang ahli dalam bidang IT seperti pembuatan software.

Baca Juga: Topindo Solusi Komunika (TOSK), Startup Asal Kalbar yang Siap Menggebrak Pasar

Menurutnya banyak orang yang berpikir bahwa masuk ke dunia pasar modal adalah pertempuran para komlomerat saja. Tapi Seiko membuktikan bahwa orang biasa seperti dirinya bisa berbuat banyak.

“Saya ingin menunjukkan orang seperti saya saja bisa listing, kenapa yang lain tidak, itu yang ingin saya dorong, “ jelasnya.

Dia menjelaskan sebenarnya sebelum dia mengambil keputusan untuk listing di pasar bursa, dia sempat ditawari dan didekati oleh investor–investor, karena umumnya memindahkan kantor pusat ke Jakarta adalah strategi yang baik, karena lebih mudah mencari investor, koneksi lebih mudah dan alasan lainnya.

“Tetapi saya berpikir kalau Perusahaan bagus dipindahkan ke kota besar siapa yang akan membangun daerah kita," ungkap Seiko.

Maka dari itu lanjutnya, pembuktian ini untuk menunjukkan bahwa Perusahaan daerah ternyata “Bisa”, kalau mau sukses tidak harus ke kota besar.

“Kita mulai dari daerah kita, dari hal–hal kecil namun terus konsisten, niscaya itu akan menjadi besar, “ yakinnya.

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm