Pj Gubernur Agus Fatoni membuka petunjuk teknis akuntansi dan pelaporan SIPD RI

1 Maret 2024 13:10 WIB
 Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni membuka secara resmi Petunjuk Teknis Pengelolaan, Akuntansi dan Pelaporan (Bimtek) pada Kamis (29/02/2024) di Hotel Aston Palembang, Sumatera Selatan.
Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni membuka secara resmi Petunjuk Teknis Pengelolaan, Akuntansi dan Pelaporan (Bimtek) pada Kamis (29/02/2024) di Hotel Aston Palembang, Sumatera Selatan. ( )

Palembang, Sonora.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni membuka secara resmi Petunjuk Teknis Pengelolaan, Akuntansi dan Pelaporan (Bimtek) pada Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Republik Indonesia (SIPD-RI). Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (29/02/2024) di Hotel Aston Palembang, Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya Fatoni menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam membangun kapasitas dan keahlian di bidang SIPD. RI. Oleh karena itu, ia berharap para peserta bisa menimba ilmu dan mengembangkannya.

"Gunakan kesempatan belajar ini, jadilah insan yang memiliki kualifikasi valid," kata Fatoni.

Saat ini SIPD sudah menjadi aplikasi umum yang meski sistemnya sudah bagus. , hal ini harus diikuti dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Menurutnya, setiap sumber daya manusia harus memiliki tiga hal penting, yaitu kompetensi yang meliputi kemampuan manajemen, kemampuan material, dan keterampilan lapangan.

"Yang kedua adalah komitmen, tanggung jawab, militansi, dan kecintaan terhadap karyawan," ujarnya.

Jadi yang ketiga adalah kekompakan, sinergi, koordinasi dan kerjasama. Untuk mengatasi ketiga permasalahan tersebut, Fatoni menjelaskan ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaikinya. Diantaranya adalah mengubah cara berpikir, meningkatkan kompetensi, menjaga komitmen, menciptakan persatuan dan akhirnya menciptakan inovasi.

Baca Juga: Diprediksi Hingga April Sumsel Berada di Musim Penghujan

"Pemberdayaan staf sebagai ASN dilakukan dengan melibatkan posisinya, proaktif, tanggap, intuitif, inovatif dan tanggap," ujarnya dikatakan.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pengelolaan Aset dan Keuangan (BPKAD) Sumsel Yossi Hervandi mengatakan Bimtek diperkenalkan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan yang baik tentang sistem aplikasi pemerintahan daerah.

"Bimtek ini juga memenuhi keinginan kabupaten/kota agar Pemprov Sumsel berperan sebagai pemrakarsa kegiatan ini,” ujarnya.

Bimtek berlangsung hingga 3 hari dan diikuti oleh 102 orang dari unsur Pemprov Sumsel dan Kabupaten/Kota. Turut hadir sejumlah narasumber yaitu Andri Satriajati dan Huswanto,serta dari Pusat Data dan Informasi Kemendagri yaitu Ade Muchlis Maulana Anwar, Yovie Alfaguista, Muhammad Fajar Rizky Siregar dan Adetya Cahya Ningrat.

Juga hadir beberapa pejabat Bimtek SIPD, yaitu Erikson P. Manihuruk, Kepala Pusat Pengetahuan dan Informasi Kementerian Dalam Negeri, dan Wakil Kepala LPPIA Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia Brahmana Purwasetya.

Baca Juga: Ada Tiga Benefit yang Didapat PT BA Pasca Akusisi PT SBS

Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm