TKSK Cilamaya: Bermanfaat Bagi Orang Banyak adalah Kebahagiaan!

11 Mei 2024 15:25 WIB
Badrudin masih tetap memang kuat komitmennya untuk selalu ada saat dibutuhkan masyarakat pemerlu pelayanan kesejateraan sosial (PPKS).
Badrudin masih tetap memang kuat komitmennya untuk selalu ada saat dibutuhkan masyarakat pemerlu pelayanan kesejateraan sosial (PPKS). ( )

Sonora.ID - Menjadi Tenaga Kesejateraan Sosial Kecamatan  (TKSK) adalah sebuah panggilan hati bagi Badrudin Mustofa (47), TKSK Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Badrudin yang telah mengabdi sejak 2009.

Hingga saat ini, Badrudin masih tetap memang kuat komitmennya untuk selalu ada saat dibutuhkan masyarakat pemerlu pelayanan kesejateraan sosial (PPKS).

Tanpa kenal lelah, Badrudin berkeliling dari satu desa ke desa yang lain, bertemu dengan masyarakat.

Sebagai TKSK, ia mencoba menggali permasalahan apa yang dihadapi  warga kemudian mencarikan solusi atau jalan keluar.

TKSK adalah orang yang diberi tugas dan kewenangan oleh Kementerian Sosial, dinas sosial provinsi maupun dinas sosial kabupaten/kota untuk membantu penyelenggaraan kesejahteraan sosial sesuai lingkup wilayah tugasnya. Saat ini jumlah TKSK tercatat 7.160 orang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Mensos Risma Yakin ODGJ Bisa Sembuh

Salah satu bentuk pengabdian sebagai TKSK, Badrudin mencarikan akses bagi penyandang disabilitas untuk dapat  mengembangkan potensi diri serta meningkatkan taraf hidupnya.

Salah seorang yang merasakan manfaat TKSK adalah Sanusi (35), penyandang disabilitas di Kabupaten Karawang. 

Ia mendapat pelatihan memotong rambut dari Dinas Sosial Kabupaten Karawang setelah mendapat usulan dan rekomendasi dari Badrudin.

Bermodal pelatihan yang telah diperoleh,  saat ini Sanusi bisa mandiri dalam hal perekonomian setelah membuka usaha potong rambut.

"Kami menjadi TKSK karena panggilan hati. Keluarga sudah memahami, kami tidak bisa menentukan kapan kami berangkat dan kapan kami harus pulang. Ketika kami dibutuhkan, disitu pasti ada TKSK" ujar Badrudin.

Badrudin merupakan salah satu dari pilar-pilar sosial yang keberadaannya dibutuhkan masyarakat.

TKSK menjadi simbol bahwa manusia sebagai mahluk sosial ditengah masyarakat menjadi simbol bahwa manusia sebagai makhluk sosial memiliki keinginan yang kuat untuk saling membantu dan bermanfaat bagi sesama  tanpa mengenal pamrih.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm