Contoh Soal PPPK Operator Layanan Operasional dan Kunci Jawaban

23 April 2025 12:00 WIB
(Ilustrasi) Contoh Soal PPPK Operator Layanan Operasional dan Kunci Jawaban
(Ilustrasi) Contoh Soal PPPK Operator Layanan Operasional dan Kunci Jawaban ( )

Sonora.ID - Berikut ini contoh soal PPPK Operator Layanan Operasional lengkap dengan kunci jawabannya.

Contoh soal berikut ini bisa jadikan materi belajar sebelum menghadapi soal yang sesungguhnya.

 

Operator Layanan Operasional termasuk dalam salah satu posisi yang dibuka dalam Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2025.

Penting bagi calon peserta untuk memahami berbagai jenis Soal PPPK Operator Layanan Operational.

Berikut ini Sonora.ID merangkum contoh soal PPPK Operator Layanan Operational dengan kunci jawabannya:

1. Seorang petugas menerima sarana dan prasarana yang baru tiba bersama dengan dokumennya. Tindakan pertama yang harus dilakukan oleh petugas adalah:

A. Segera menyebarkan sarana tersebut ke unit terkait

B. Memeriksa kesesuaian antara sarana yang diterima dengan dokumen yang ada

C. Membiarkan sarana berada di tempat penerimaan hingga peminjam datang

D. Mencatat jumlah sarana dan mendistribusikan tanpa pemeriksaan

E. Mengembalikan sarana tersebut jika tidak sesuai dengan jumlah yang tertera

Jawaban: B

Pembahasan:

Tindakan pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa kesesuaian antara sarana yang diterima dengan dokumen yang ada. Hal ini untuk memastikan bahwa sarana yang diterima sesuai dengan yang tercantum dalam dokumen, baik jumlah, jenis, dan kondisi fisiknya.

2. Petugas sedang memeriksa dokumen pengiriman sarana dan prasarana, dan menemukan bahwa dokumen yang diterima tidak lengkap. Apa yang harus dilakukan petugas?

A. Menerima barang tanpa dokumen yang lengkap dan melanjutkan proses distribusi

B. Mengabaikan kekurangan dokumen dan melanjutkan proses penerimaan

C. Meminta dokumen yang lengkap kepada supplier atau pihak yang berwenang sebelum melanjutkan penerimaan

D. Membuat dokumen pengganti dan melanjutkan penerimaan

E. Menunggu sampai semua dokumen lengkap meskipun ada penundaan

Jawaban: C

Pembahasan:

Jika dokumen yang diterima tidak lengkap, petugas harus meminta dokumen yang lengkap kepada supplier atau pihak yang berwenang sebelum melanjutkan proses penerimaan. Ini untuk memastikan semua administrasi tercatat dengan benar dan sesuai prosedur.

Baca Juga: 30 Contoh Soal PPPK Administrasi Perkantoran Tahun 2025 dan Kunci Jawaban

3. Setelah memeriksa sarana dan dokumen pengiriman, petugas menemukan bahwa barang yang diterima sudah melewati masa garansi yang tertera dalam dokumen. Apa langkah yang tepat?

A. Menyimpan barang tersebut dan tidak memberitahukan siapa pun

B. Meminta supplier untuk mengganti barang yang sudah kadaluarsa masa garansinya

C. Menerima barang dan menggunakan tanpa memperhatikan masa garansi

D. Menyusun laporan untuk pihak terkait dan meminta petunjuk lebih lanjut

E. Menerima barang dengan catatan bahwa garansi sudah tidak berlaku

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm