Demi Mengurangi Volume Sampah Di TPA, Pemko Medan Ajak Masyarakat Memilah Sampah

11 Maret 2023 20:29 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Dubes Belanda HE Lambert Grijn melihat kondisi TPA Terjun beberapa waktu lalu.
Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Dubes Belanda HE Lambert Grijn melihat kondisi TPA Terjun beberapa waktu lalu. ( )

Medan, Sonora.ID- Salah satu program yang akan dituntaskan Wali Kota Medan Bobby Nasution adalah penanganan kebersihan. Program ini tentunya tidak akan terwujud tanpa dukungan penuh semua pihak, terutama masyarakat.

Selain tidak membuang sampah, dukungan yang dapat diberikan masyarakat dengan melakukan pemilahan terlebih dahulu sebelum sampah rumah tangga yang dihasilkan dibuang.

Pemilahan yang dilakukan dapat memisahkan sampah menjadi tiga kelompok yakni sampah organik, non organik dan residu.

Dengan pemilahan sampah yang dilakukan, masyarakat telah membantu Pemko Medan dalam mengurangi volume sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Terjun di Kecamatan Medan Marelan.

"Selain mempermudah pengelolaan sampah, pemilahan sampah organik dan non organik dapat mengurangi pencemaran udara yang terjadi akibat masih bercampurnya sampah organik dan non organik. Di samping itu pemilahan sampah yang dilakukan dapat memberikan nilai ekonomis dari sampah terpilah," kata Bobby Nasution baru-baru ini.

Baca Juga: Exit Meeting BPK RI Perwakilan Sumut, Bobby Nasution: Pemko Medan Akan Seriusi Hasil Pemeriksaan Interim Laporan Keuangan T.A 2022

Dengan pemilahan yang dilakukan tentunya tinggal sampah yang tidak bisa didaur ulang dan tidak bernilai ekonomis tersebut yang dibawa ke TPA Terjun.

"Berarti masyarakat tidak langsung membuang sampah rumah tangga yang dihasilkan ke TPS atau TPA karena butuh waktu dan biaya untuk mengolahnya. Artinya, masyarakat telah mendukung pemanfaatan sampah dari awal, tidak fokus di akhir (TPA) saja," ungkapnya.

Terkait itu, orang nomor satu di Pemko Medan ini minta kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan untuk berkolaborasi dengan seluruh kecamatan guna mensosialisasikan kepada masyarakat agar dapat melakukan pemilahan sampah terlebih dahulu sebelum dibuang.

Founder Bank Sampah Induk New Normal Yasra Al-Fariza SH sangat mendukung pelibatan masyarakat dalam penanganan kebersihan yang dilakukan Bobby Nasution. Sebab semua orang mempunyai tanggung jawab atas sampah yang dihasilkannya.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.