Wakil Gubernur Tekankan Implementasi 6 Pilar Transformasi Kesehatan

24 Maret 2023 13:48 WIB
Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Kalbar bertempat di Hotel Aston Pontianak, Selasa(21/3/2023).
Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Kalbar bertempat di Hotel Aston Pontianak, Selasa(21/3/2023). ( Adpim Prov. Kalbar)

Pontianak, Sonora.ID - Wakil Gubernur Kalimantan Barat Drs. H. Ria Norsan., M.M., M.H., didampingi Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Kementerian Kesehatan RI Tiomaida, H.H., S.H., M.A.P., Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar drg. Hary Agung Tjahyadi, M.Kes., dan Direktur Kepatuhan Bank Kalbar (R.S.M. Al Amin, B.A., S.E., M.E., memukul alat tradisional Silotuang sebagai tanda dibukanya secara resmi Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Kalbar bertempat di Hotel Aston Pontianak, Selasa(21/3/2023).

Rapat Kerja Kesehatan Daerah yang mengusung tema "Harmonisasi dan Sinergitas Transformasi Kesehatan Daerah Menuju Kalbar Maju" melibatkan peserta Provinsi dan Kabupaten/Kota ini guna peningkatan pembangunan kesehatan khususnya di Kalimantan Barat.

Selain itu, kegiatan ini juga dalam rangka  mensosialisasikan berbagai kebijakan dan informasi penting yang terkait dengan pelaksanaan pembangunan Kesehatan dalam mengimplementasikan 6 Pilar Transformasi Kesehatan melalui forum Belajar Baik Kabupaten/Kota.

Adapun enam pilar tersebut adalah transformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, dan teknologi kesehatan

Pada Rakerkesda ini juga disampaikan beberapa kebijakan Nasional bidang Kesehatan dan Program Prioritas Nasional oleh Narasumber dari Kementerian Kesehatan sehingga diharapkan menjadi jembatan antara kebijakan Pemerintah Pusat (Kemenkes) dengan pemilik wilayah (Kepala Daerah).

Pada sambutannya, Wakil Gubernur Ria Norsan mengatakan, Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat menyambut baik pertemuan ini.

Baca Juga: Kakanwil DJPb Kalbar: APBN Harus diketahui Oleh Masyarakat Luas

Dirinya berharap dapat membangun komitmen bersama untuk melakukan transformasi dalam pembangunan bidang Kesehatan di Provinsi Kalimantan Barat.

Menurutnya, hal yang perlu diutamakan dalam pembahasan Raker ini dan harus menjadi isu penting yakni salah satunya adalah peningkatan IPM daerah.

"Jadi saya berharap kepada kita semua yang ada disini untuk berkomitmen dalam upaya meningkatkan IPM, terutama dibidang Kesehatan. Dan IPM di bidang kesehatan ini menjadi penting karena satu faktor agar dapat mendongkrak IPM kumulatif daerah," harap Ria Norsan. 

Dengan dikembangkannya kemampuan layanan RSUD dr. Soedarso, dirinya berharap agar masyarakat Kalimantan Barat tidak perlu lagi merogoh kocek yang dalam untuk berobat keluar daerah, apalagi jika sampai keluar negeri hanya untuk mendapatkan layanan Kesehatan yang canggih dan berkualitas.

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm