Lewat Dzikir dan Shalawat, Masyarakat Nganjuk Lebih Akrab dengan Literasi Digital

18 Desember 2023 14:55 WIB
Tim Literasi Digital Sektor Kelompok Masyarakat, Direktorat Pemberdayaan Informatika, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika - Kemenkominfo
Tim Literasi Digital Sektor Kelompok Masyarakat, Direktorat Pemberdayaan Informatika, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika - Kemenkominfo ( )

Nganjuk, Sonora.ID - Peningkatan kesadaran mengenai program literasi digital dapat dilakukan dengan berbagai cara untuk melebarkan jangkauan program tersebut kepada masyarakat luas.

Salah satu cara agar masyarakat tertarik untuk mengikuti literasi digital tersebut bisa melalui Dzikir dan Sholawat seperti yang dilakukan pada kegiatan di Nganjuk.

“Melalui Dzikir dan Sholawat ini diharapkan kita bisa lebih akrab dan lebih mengenal adanya literasi digital sebagai wujud kemaslahatan di masyarakat secara luas”, ucap Gus Arif sebagai narasumber dalam rangka sosialisai literasi digital di Lapangan Kedungringin, Desa Drenges, Kertosono, Nganjuk, Kamis (30/11/2023)

Gus Arif mengatakan pada zaman milenial ini, konsep Ulul Albab sangatlah pas jika dikaitkan dengan literasi digital.

Selain diwajibkan untuk fasih teknologi, masyarakat juga harus memliki pemikiran yang cerdas dan bijaksana dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan agar bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga: ISNU Banyuwangi Ajak Masyarakat Manfaatkan Digitalisasi untuk Hal Positif.

“Melihat zaman sekarang ini, kita wajib untuk bisa fasih akan teknologi. Konsep Ulul Albab semisal dikaitkan dengan literasi digital sangatlah pas dikarenakan kita harus memiliki kecerdasan dan bijaksana dalam memanfatkan ilmu pengetahuan khususnya digital teknologi agar bisa bermanfaat bagi diri kita maupun orang lain”, ujarnya.

Ia juga mengungkapkan untuk meningkatan kemampuan literasi digital, masyarakat perlu memperhatikan norma dan etika yang baik.

Penggunaan media sosial harus bisa memiliki manfaat yang baik dengan menyalurkan informasi-informasi yang positif yang bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang
lain.

“Dalam segala hal apapun, kita harus selalu berpedoman dengan norma kehidupan. Begitupun juga dalam bermedia sosial. Selalu salurkan informasi yang positif seperti me-share bacaan-bacaan sholawat dan dzikir, yang yang hal tersebut bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan saudara-saudara kita yang membacanya”, ungkapnya.

Sebagai informasi, kegiatan Sosialiasi Literasi Digital dengan tema “Strategi Meningkatkan Literasi Digital Melalui Dzikir & Sholawat Pada Masyarakat” merupakan rangkaian kegiatan
program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Kegiatan ini dihadiri sebanyak 139 peserta yang terdiri dari berbagai macam lapisan masyarakat di sekitar Kota Surabaya.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm