10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat 3 Paragraf dan Strukturnya: Beragam Tema

7 Februari 2024 15:28 WIB
Kumpulan contoh teks eksplanasi singkat dan pendek 3 paragraf lengkap dengan strukturnya.
Kumpulan contoh teks eksplanasi singkat dan pendek 3 paragraf lengkap dengan strukturnya. ( freepik.com)

Sonora.ID - Apa itu teks eksplanasi? Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, sosial, budaya, dan ilmu pengetahuan lainnya bisa terjadi.

Teks ini memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan jenis teks lainnya, yakni di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Memaparkan informasi tentang mengapa dan bagaimana suatu fenomena terjadi.
  • Fenomena tersebut dapat berupa fenomena alam atau sosial.
  • Memuat penjelasan yang bersifat ilmiah dan sistematis.
  • Memaparkan urutan kejadian tentang bagaimana suatu fenomena terjadi.

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi juga memiliki struktur yang membangunnya. Urutan struktur teks eksplanasi yang tepat adalah:

  1. Judul.
  2. Pernyataan umum yang berisi definisi fenomena yang dijelaskan, karakteristik umum, mengapa suatu fenomena terjadi.
  3. Urutan proses terjadinya fenomena.
  4. Penutup yang dapat berisi simpulan atau opini penulis tentang fenomena yang dijelaskan. 

Untuk memahaminya dengan lebih baik mari kita simak kumpulan contoh teks eksplanasi singkat 3 paragraf berikut ini, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 3 Contoh Teks Eksplanasi Sosial di Sekolah: Sesuai Struktur dan Singkat

Contoh Teks Eksplanasi Singkat 3 Paragraf Lengkap dengan Strukturnya

Contoh 1

Kecelakaan Lalu Lintas di Tasikmalaya

Pernyataan umum:

Memasuki puncak arus balik H +7 atau Minggu (21/11) sekira pukul 14.00 WIB, arus lalu lintas kendaraan yang melalui jalur selatan, yang melintas di wilayah Tasikmalaya sempat terhambat sekira dua jam. Sumber kemacetan berada di tanjakan Gentong kilometer 75 atau ruas jalan sekitar Kampung Cingere, Desa Cirahayu, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya.

Urutan proses terjadinya fenomena:

Kondisi ini terjadi akibat adanya kecelakaan yang menimpa bus pariwisata tujuan Bandung nopol Z 768 TA menghantam tebing. Pasalnya, bus itu tidak kuat melalui tanjakan di daerah tersebut, sehingga menyebabkan lajunya terhenti dan langsung terseret mundur. Bus baru bisa berhenti setelah bagian belakangnya menghantam tebing.

Penutup:

Demikian, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa. Akan tetapi, ada sebuah sepeda motor bernopol B 6765 CBO yang ditumpangi dua orang, saat kejadian berada di belakang bus sehingga keduanya terjatuh. Akibat terjatuh dua penumpang sepeda motor mengalami luka-luka dan langsung dilarikan ke puskesmas terdekat.

Contoh 2

Batik

Pernyataan Umum: 

Batik merupakan kain bergambar khas Indonesia. Pembuatannya dilakukan secara khusus, dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain tersebut. Kemudian, kain tersebut diolah dengan proses tertentu.

Urutan proses terjadinya fenomena:

Sejak 2 Oktober 2009, teknik pembuatan batik telah diakui sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO. Sejak saat itu, Hari Batik diperingati setiap tanggal 2 Oktober setiap tahunnya.

Penutup:

Sebagai ikon budaya penting di Indonesia, batik dikenakan masyarakat Indonesia untuk berbagai keperluan acara, baik sebagai busana kasual maupun formal.

Contoh 3

Pandemi Virus Corona

Pernyataan umum:

Virus Corona atau COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) merupakan pandemi yang pertama kali ditemukan di daerah kota Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019 lalu. Virus ini menyebar dengan sangat cepat dan menyebar ke berbagai wilayah. Virus Corona sendiri sudah masuk ke Indonesia pada awal bulan Maret 2020 dan hingga kini masih terus menyebar.

Urutan proses terjadinya fenomena:

Virus Corona adalah bentuk kumpulan virus yang mampu menginfeksi sistem pernafasan manusia. Kemudian virus ini akan terus menginfeksi jika imun tubuh lemah dapat berujung pada kematian.  Karena penyebarannya yang sangat cepat dan luas, virus Corona telah ditetapkan sebagai pandemi global hingga saat ini. Dan menyebabkan banyak kerugian bagi semua pihak.

Penutup:

Rajin mencuci tangan dan mengenakan masker ketika keluar rumah untuk mencegah penyebaran virus ini. Kita semua berharap agar virus ini menghilang secepatnya dan kondisi kembali seperti sedia kala.

Contoh 4

Gempa Bumi

Pernyataan umum:

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. Peristiwa alam itu sering terjadi di daerah yang berada. dekat dengan gunung berapi dan juga di daerah yang dikelilingi lautan luas.

Urutan proses terjadinya fenomena:

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm