8 Ceramah tentang Malam Lailatul Qadar: Singkat dan Bermakna

26 Maret 2024 16:30 WIB
Kumpulan contoh teks kultum atau ceramah tentang malam Lailatul Qadar yang singkat, pendek, dan bermakna.
Kumpulan contoh teks kultum atau ceramah tentang malam Lailatul Qadar yang singkat, pendek, dan bermakna. ( Freepik)

Sonora.ID - Malam lailatul qadar dikenal sebagai salah satu malam yang sangat istimewa dalam agama Islam.

Mengapa? Karena satu malam itu (lailatul qadar) nilainya lebih baik daripada seribu bulan atau kurang lebih 83 tahun.

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ

Lailatul-qadri khairum min alfi syahr(in).

Artinya: Lailatul qadar itu lebih baik daripada seribu bulan (Al Qadr : 3).

Malam Lailatul Qadar memiliki berbagai keutamaan. Diketahui bahwa siapa saja yang beribadah pada malam Lailatul Qadar dengan iman dan harapan, maka dosa-dosanya akan diampuni.

Selain itu, malam Lailatul Qadar juga bisa membawa keberkahan dan rezeki bagi mereka beribadah dengan iman.

Lantas kapan malam Lailatul Qadar ini tiba? Tidak ada seorang pun yang tahu kapan pastinya malam Lailatul Qadar ini tiba.

Namun, Rasulullah SAW telah memberikan tanda kapan malam istimewa tersebut tiba, yakni salah satunya adalah tiba di 10 malam terakhir di bulan Ramadhan.

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

“Carilah lailatul qodar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadan” (HR. Bukhari)

Menjelang 10 malam terakhir di bulan Ramadan ini berikut kami sajikan kumpulan kultum atau ceramah tentang malam Lailatul Qadar yang singkat, pendek, dan bermakna, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 3 Kultum tentang Al-Qur’an yang Singkat, Pendek, dan Menyentuh Hati

Ceramah tentang Malam Lailatul Qadar: Singkat dan Bermakna

Ceramah 1: Menggapai Pahala yang Berlipat Ganda di Malam Lailatul Qadar

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Hadirin yang saya hormati,

Pada malam Lailatul Qadar ini, kita semua berharap dapat menggapai pahala yang berlipat ganda. Malam ini merupakan malam yang istimewa, karena di dalamnya terkandung keberkahan dan rahmat yang tidak terhingga dari Allah SWT. 

Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan malam ini dengan sebaik-baiknya.

Saya ingin berbagi dengan Anda sebuah cerita inspiratif tentang seorang sahabat Rasulullah SAW yang bernama Abu Hurairah RA. 

Beliau adalah salah satu sahabat yang sangat rajin mengumpulkan hadits dari Rasulullah SAW, sehingga beliau dijuluki sebagai "Pengumpul Hadits". 

Pada suatu malam Lailatul Qadar, Abu Hurairah RA melihat Rasulullah SAW keluar dari rumahnya dan pergi ke masjid.

Karena ingin mendapatkan pahala yang berlipat ganda di malam yang mulia itu, Abu Hurairah RA memutuskan untuk mengikuti Rasulullah SAW ke masjid. 

Di masjid, Rasulullah SAW melihat Abu Hurairah RA dan bertanya kepadanya, "Apa yang membawa kamu ke sini pada malam yang mulia ini, wahai Abu Hurairah?".

Abu Hurairah RA menjawab, "Aku ingin mengumpulkan pahala yang banyak di malam yang penuh berkah ini." 

Mendengar jawaban Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Hai Abu Hurairah, aku akan memberimu satu kalimat, jika engkau mengamalkannya dengan benar, niscaya engkau akan memperoleh pahala yang lebih besar dari pada apa yang telah engkau kumpulkan dari hari pertama engkau mengenal Islam hingga saat ini. Katakanlah: 'Subhanallah, walhamdulillah, wa la ilaha illallah, wallahu akbar'."

Abu Hurairah RA sangat gembira mendengar kalimat tersebut dan segera mengamalkannya dengan sungguh-sungguh. Beliau berdzikir dengan kalimat tersebut sepanjang malam, hingga tiba waktu subuh. 

Setelah itu, Abu Hurairah RA pergi menemui Rasulullah SAW dan memberitahukan bahwa beliau telah mengamalkan kalimat yang diajarkan dengan sungguh-sungguh.

Mendengar hal tersebut, Rasulullah SAW bersabda, "Wahai Abu Hurairah, sungguh engkau telah mendapatkan apa yang engkau inginkan. 

Allah SWT telah memberimu pahala yang lebih besar dari pada apa yang telah engkau kumpulkan dari hari pertama engkau mengenal Islam hingga saat ini."

Hadirin yang saya hormati,

Itulah cerita inspiratif tentang Abu Hurairah RA, yang berhasil menggapai pahala yang berlipat ganda di malam Lailatul Qadar dengan mengamalkan kalimat yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. 

Semoga cerita ini dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk mengisi malam Lailatul Qadar dengan amalan-amalan yang bermanfaat, Aamiin.

Ceramah 2: Meningkatkan Kualitas Ibadah di Malam Lailatul Qadar bagi Wanita

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Para hadirin yang saya hormati,

Kita telah memasuki bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh dengan berkah dan rahmat dari Allah SWT. 

Pada bulan ini, terdapat malam yang sangat mulia, yaitu malam Lailatul Qadar, yang memiliki keutamaan yang sangat besar dalam Islam. Pada malam tersebut, Allah SWT menurunkan malaikat untuk menetapkan segala urusan yang akan terjadi dalam satu tahun ke depan.

"Malam itu (Lailatul Qadar) adalah malam yang penuh kemuliaan; diturunkan para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan." (QS. Al-Qadr: 4-5)

Bagi para wanita, malam Lailatul Qadar merupakan waktu yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas ibadah, sehingga dapat memperoleh pahala yang berlipat ganda. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, saya ingin berbagi sebuah cerita inspiratif tentang seorang wanita shalihah yang berhasil meningkatkan kualitas ibadahnya di malam Lailatul Qadar.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm