Kemenkominfo dan Dharma Pertiwi Sinergikan Pemerataan Literasi Digital bagi Masyarakat

20 Oktober 2023 14:25 WIB
Tim Literasi Digital sektor Masyarakat Umum Direktorat Pemberdayaan Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika
Tim Literasi Digital sektor Masyarakat Umum Direktorat Pemberdayaan Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika ( )

Sonora.ID – Kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) dengan Dharma Pertiwi melalui Peluncuran Literasi Digital bersama keluarga besar TNI (KBT) merupakan upaya untuk mendorong pemerataan literasi digital bagi seluruh elemen masyarakat di Indonesia.

Harapannya, kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan kepada KBT untuk dapat menjadikan internet sebagai hal yang penuh kebermanfaatan bagi kehidupan sehari-hari.
 
Selain itu, dapat membantu meningkatkan produktivitas menuju kualitas hidup yang lebih baik.
 
“Kemenkominfo dengan inisiasinya melalui Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) berusaha memperkuat literasi digital masyarakat dengan empat pilar yang ada. Tidak hanya mengakomodasi empat pilar, GNLD turut membantu para orang tua untuk memahami digital parenting yang saat ini semakin dibutuhkan dalam proses pengasuhan anak di era digital,” jelas Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo) Budi Arie Setiadi pada acara Peluncuran Literasi Digital KBT di Menara Danareksa. Kamis (19/10/2023).
 
Melalui kolaborasi yang tercipta antara Kemenkominfo dengan KBT, diharapkan para anggota tidak hanya cakap digital namun kedepannya dapat menjadi pegiat literasi digital.
 
KBT dapat menjadi corong amplifikasi untuk pemerataan literasi digital di seluruh Indonesia, termasuk di daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).
 
Menteri Budi menambahkan, resiko yang seringkali muncul di era serba internet ini adalah derasnya persebaran informasi yang terkadang tidak selalu positif, tetapi juga negatif. Hal-hal semacam itu patut diwaspadai oleh seluruh pengguna internet.
 
 
“Pengguna internet secara global pada tahun 2022 mencapai 5.16 milyar orang, sementara di Indonesia sendiri, penetrasi internet mencakup 78% dari total penduduk. Kondisi ini membawa beragam peluang, juga tantangan dan resiko yang kemungkinan muncul,” ujarnya.
 
Sejalan dengan yang disampaikan oleh Menkominfo, Ketua Umum Dharma Pertiwi Vero Yudo Margono yang hadir dalam kegiatan tersebut turut menyuarakan hal yang sama.
 
Vero menuturkan pentingnya kegiatan literasi digital agar membuat masyarakat semakin melek digital.
 
“Literasi digital memiliki prinsip dasar, manfaat, dan tantangan kecakapan pengguna yang mencakup kemampuan untuk menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan serta memanfaatkannya dengan tepat guna,” jelasnya.
 
Vero mewakili Dharma Pertiwi memberikan apresiasi terhadap berlangsungnya kegiatan Peluncuran Literasi Digital kepada KBT yang dilaksanakan selama dua hari berturut-turut dari19 hingga 20 Oktober 2023 dengan masing-masing 350 peserta offline dan 5000 peserta online dengan tema Dharma Pertiwi Jelajahi Dunia Digital dengan Bijak.
 
“Saya ingin menyampaikan beberapa hal untuk jadi perhatian kita semua, salah satunya pedomani empat pilar literasi digital dalam bermedia sosial, serta pahami perangkat keras dan lunak dalam sistem operasi digital” ungkapnya.
 
Sebagai anggota Dharma Pertiwi dan pendamping anggota TNI, lanjut Vero, kita dituntut untuk melek dengan perkembangan teknologi dan bermedia sosial dengan bijak.
 
Ibu-ibu dapat mengawasi dan mendampingi anak-anaknya dalam penggunaan gadget dengan senantiasa mengedepankan etika guna menjaga nama baik instansi dan pribadi. Tidak hanya itu, netralitas TNI menjelang waktu kampanye pun patut dijaga.
 
“Sebagai istri, kita juga dituntut untuk menjaga netralitas prajurit TNI dengan memberi dukungan sepenuhnya ke hal-hal positif serta tidak memberikan komentar bermuatan hasil quick count yang mulai dikeluarkan oleh lembaga survei,” pungkasnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm