15 Contoh Paper Kuliah yang Sesuai Struktur dan Beragam Tema

23 Maret 2023 15:00 WIB
Contoh paper kuliah.
Contoh paper kuliah. ( Freepik.com)

Sonora.ID - Paper merupakan sebuah teks yang membahas mengenai topik tertentu dan tentunya didukung oleh data serta argumen yang valid.

Paper berbeda dengan makalah. Hal ini karena sebuah makalah biasanya hanya berisi mengenai penelitian yang sudah dilakukan pada satu topik tertentu.

Sedangkan, paper harus dilandasi dengan argumen dan data yang kuat. Selain itu, paper juga sangat menonjolkan sebuah perspektif.

Sebuah paper yang baik biasanya terdiri atas berbagai bagian yang menyusunnya. Bagian - bagian tersebut adalah judul, pendahuluan, isi, penutup, dan daftar isi.

Di bawah ini pun kami sajikan beberapa contoh paper kuliah yang sesuai dengan struktur dan lengkap dengan berbagai tema, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Cara Membuat Makalah yang Benar: Apa Saja Langkah-langkahnya?

Contoh Paper Kuliah

Contoh 1

PAJAK DI INDONESIA

BAB I : PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Pajak merupakan pemberian nominal kekayaan dari pihak perorangan kepada negara untuk membayar pengeluaran dan surplus pada publik saving yang menjadi sumber dalam pembayaran investasi publik.

Pada awalnya pembayaran pajak merupakan sukarela dari perorangan atau rakyat kepada atasan atau pemimpin yang berfungsi untuk menyediakan jalan umum, menjaga keamanan, pembayaran gaji pegawai dan lain sebagainnya. Bagi rakyat yang tidak melakukan pembayaran secara rutin akan diberikan sanksi.

TUJUAN

Membedakan subjek pajak, objek pajak dan syarat pajak, dan hal-hal yang berhubungan dengan pajak.

BAB II : DASAR TEORI/LANDASAN TEORI

Yang menjadi subjek pajak adalah semua pihak atau perorangan yang telah memenuhi syarat secara subjektif yaitu berkependudukan sebagai warga negara indonesia (WNI) . sedangkan objek pajak adalah segala sesuatu yang akan terkena wajib pajak. Sedangkan wajib pajak adalah subjek pajak yang telah memenuhi kriteria objektif.

Salah satu faktor yang menentukan keadilan dalam pemungutan pajak adalah tarif pajak. Sedangkan utang pajak adalah sanksi pajak yang harus dibayarkan yaitu berupa denda, bunga, atau kenaikan yang dicantumkan dalam surat pajak berdasarkan peraturan undang-undang yang berlaku tentang perpajakan.

BAB III : PEMBAHASAN

Yang menjadi subjek pajak adalah semua pihak atau perorangan yang telah memenuhi syarat secara subjektif yaitu berkependudukan sebagai warga negara indonesia (WNI) . sedangkan objek pajak adalah segala sesuatu yang akan terkena wajib pajak.

Sedangkan wajib pajak adalah subjek pajak yang telah memenuhi kriteria objektif. Salah satu faktor yang menentukan keadilan dalam pemungutan pajak adalah tarif pajak. Sedangkan utang pajak adalah sanksi pajak yang harus dibayarkan yaitu berupa denda, bunga, atau kenaikan yang dicantumkan dalam surat pajak berdasarkan peraturan undang-undang yang berlaku tentang perpajakan.

BAB IV : PENUTUP

KESIMPULAN

Dengan adanya pajak masyarakat dapat belajar tentang kedisiplinan dalam keuangan dan kewajiban terhadap negara.

Contoh 2

MEDIA PERTUKARAN UANG

BAB I : PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Ekonomi pertukaran sangat membutuhkan media seperti uang sebagai media pertukaran, sedangkan harga adalah nilai dari suatu yang dipertukarkan dan dinyatakan dengan satuan. Dalam hal ini fluktuasi dari harga sangat mempengaruhi.

Pengaruh dari harga tersebut mencakup faktor ekonomi, politik dan sosial. Hal ini menyebabkan statistika harga mendominasi dalam pergeseran rupian di suatu negara.

TUJUAN

Mengatasi masalah pertukaran dalam keuangan ekonomi

BAB II : DASAR TEORI/LANDASAN TEORI

Pengertian statistika dibedakan menjadi dua yaitu dalam arti sempit dan luas.

  1. Pengertian sempit statistika adalah angka yang tersusun dalam suatu daftar tabel, diagram maupun grafik.
  2. Pengertian luas statistika adalah disiplin ilmu yang mempunyai hubungan dengan cara mengumpulkan bahan, mengolah dan menganalisanya kemudian penjelasan kesimpulan.

BAB III : PEMBAHASAN

Suatu model pembelajaran statistika yang berhubungan dengan fluktuasi suatu harga dan dijelaskan dari cara pengumpulan bahan dan keterangan, cara mengolah dan menganalisa keuangan kemudian penarikan kesimpulan dari harga tersebut.

BAB IV : PENUTUP

KESIMPULAN

Kesimpulan dari penulis diuraikan dalam bentuk Angka Indeks yaitu merupakan angka yang dapat digunakan dalam membandingkan antara kegiatan ekonomi yang sama yaitu produksi impor, ekspor dan hasil pada periode yang berbeda. Angka indeks ini sangat bermanfaat untuk menyelesaikan proses menghitung harga dalam perekonomian.

Contoh 3

KARAKTERISTIK PENDERITA PENYAKIT INFEKSI KULIT PADA MASYARAKAT

KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN KARANG ANYAR, YOGYAKARTA

Abdul Raja, Dini Alfiani, Deasy Putri, Dimas Darmawan

Bagian Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, RS Panti Rapih

LATAR BELAKANG

Penyakit kulit yang termasuk kategori infeksi banyak ditemukan di daerah beriklim tropis dengan lingkungan sosial ekonomi yang cenderung rendah.

Kecamatan Wonosari Kabupaten Karang Anyar Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan wilayah dengan iklim yang tropis dengan mayoritas sosial ekonomi yang rendah.

Penyakit kulit infeksi mempunyai urutan ke 4 dari peringkat sepuluh besar macam penyakit yang berada di wilayah ini.

TUJUAN

Mengetahui karakteristik penderita penyakit infeksi kulit pada penduduk Kecamatan Wonosari Karang Anyar Yogyakarta pada bulan Maret tahun 2001.

METODE

Desain penelitian analitik eksperimen pada penduduk Kecamatan Wonosari Kabupaten Karang Anyar Yogyakarta pada bulan Maret 2001. Diagnosis berdasarkan anamnesis dan pemeriksaan fisik klinis.

Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan adalah pemeriksaan laboratorium.

HASIL

Dari 124 orang penderita penyakit kulit di Kecamatan Wonosari, 95 orang (52,1%) menderita penyakit kulit infeksi yang terdiri dari mikosis (48,5), skabies (30,9), folikulitis (3,2%), impetigo (6,5%) dan ektima (8,9%). Perbandingan antara pria : wanita = 2 : 1, didominasi kelompok usia 26 — 45 tahun (33, 8%) dan terbanyak di bidang pekerjaan pertanian dan peternakan (29,3%).

Kesimpulan : Dan seluruh kasus didapatkan bahwa penderita penyakit kulit infeksi terbanyak adalah laki-laki pada kelompok umur 26 — 45 tahun dan bekerja dibidang pertanian dan peternakan.

Kata Kunci : Penyakit Kulit, Iklim Tropis

Contoh 4

KERJASAMA NEGARA-NEGARA ASIA TENGGARA (ASEAN)

LATAR BELAKANG

Dalam kehidupan ini tidak ada seorangpun yang bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Contohnya adalah semut tidak dapat mengangkut beban berat sendiri tetapi jika diangkut bersama-sama dengan temannya maka beban yang berat tersebut menjadi ringan.

Begitu juga dengan manusia tidak dapat menanggung pekerjaan berat sendirian dan harus saling bekerja sama dengan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Kita saling bekerja sama dalam bermasyarakat, bekerja sama untuk kepentingan bersama dalam suatu kelompok, masyarakat bahkan negara. Salah satu contohnya adalah ASEAN.

ASEAN adalah kerjasama negara-negara Asia Tenggara yang merupakan perhimpunan bangsa Asia Tenggara yang dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok Thailand. Negara yang termasuk dalam kerja sama ini adalah Indonesia, Filiphina, Malaysia, Singapura dan Thailand.

TUJUAN

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.